CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Senin, 30 Juli 2012

Kurma...

Ga terasa bulan ini udah di lalui sepuluh hari aja,cepeeet banget',padahal masih belum banyak amalan..(*dasar alasaaaan)
Jadi anak kostan'dilemanya ya ga bisa buka bareng keluarga..tapi harus tetep alhamdulillah...
Ngomongin berbuka puasa inget jaman kecil waktu buka puasa di Rumah, Almarhumah Mbah Putriku pasti minta disediain kurma,dan Beliau pasti membatalkan puasanya dengan kurma.
Namanya anak kecil ya ngikuut2 aja,yang penting enaaaaak...ternyata ada hikmah dibalik berbuka dengan kurma.
Beberapa waktu lalu kebetulan baca artikel dari blog sebelah,yang intinya:

Dari Salman bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
” إذا أفطر أحدكم فليفطر على تمر ، فإنه بركة ، فإن لم يجد تمرا فالماء ، فإنه طهور ” رواه أبو داود والترمذي .

”Apabila salah seorang di antara kalian berbuka, hendaklah berbuka dengan kurma, karena dia adalah berkah, apabila tidak mendapatkan kurma maka berbukalah dengan air karena dia adalah bersih.” (HR. at-Tirmidzi dan Abu Dawud rahimahumallah)

Penelitian (Dr. ‘Abdurrouf Hisyam dan Dr. ‘Ali Ahmad asy-Syahat), menunjukan bahwa jika kita berbuka dengan kurma :

1. Dapat mensuplai kadar zat gula yang besar bagi tubuh dan menghilangkan gejala kekurangan zat gula (hipoglikemia) dan memberikan semangat bagi tubuh.

2.Kosongnya lambung dan usus dari makanan (ketika kita puasa) membuat keduannya (usus dan lambung) mampu  menyerap zat gula dalam kurma dengan sangat cepat.


3. 2/3 dari unsur gula (glukosa) terdapat dalam kurma dalam bentuk susunan kimiawi yang sederhana membuatnya mudah dicerna. Sehingga kadar gula dalam darah naik dalam waktu singkat.

4. Adanya kurma yang direndam dengan air, dan ruthab yang mengandung prosentasi air yang tinggi 65-70 % (65-70%) yang menyediakan air bagi tubuh dengan prosentase yang baik, maka tidak perlu minum air dalam jumlah besar pada saat berbuka.



Lalu bagaimana bagi mereka yang punya penyakit gula,berbuka dengan kurma atau dengan sesuatu yang manis memang bukan keharusan tapi sekedar hal baik yang dianjurkan,jadi bagi mereka tentu bisa mencari menu berbuka sesuai dengan kebutuhan badan mereka,okeey !!


'berkah dan bersih'


Say..Alhamdulillah' karena Bulan ini klo buka ga ketinggalan kurma,

Sumber diambil dari sini

0 komentar:

Posting Komentar